Senin, 09 April 2012

relasi dalam komunikasi antarpribadi


Mila Nuraini
201019089
Humas 2
Komunikasi AntarPribadi

Relasi dalam Komunikasi Antarpribadi.

Self Disclosure atau pengungkapan diri merupakan salah satu konteks komunikasi antarpribadi.
Self Disclosure merupakan aliran humanistik dalam psikologi yang memandang bahwa ideologi dari “honest communication” (komunikasi yang berlandaskan pengungkapan diri) yang jujur merupakan cara terbaik dalam melakukan relasi interpersonal.
Menurut Carl Rogers yang menyebutkan tentang pengungkapan diri yang di sebut dengan “kekuatan pihak ketiga” yang artinya pemahaman yang akurat tentang diri dan diri orang lain dan pemahaman barulah bisa terbentuk apabila komunikasi berlangsung dengan sesungguhnya.

Menurut Rogers pemahaman interpersonal terbagi menjadi :

1.Pengungkapan diri

2.Umpan Balik

3.Kepekaan terhadap pengungkapan diri dari orang lain.

Pengungkapan diri semakin besar dalam relasi interpersonal inilah yang memainkan peranan penting dalam menentukan arah bagaimana relasi yang akan dibangun.
Menurut Person,Nelson, Titsworth,dan Harter dalam buku Human Communication menegaskan “Self Disclosure is the process of making human intentional revelations about oneself that others would be unlikely to know that generally constitute private, sensitive, or confidential information”.


What is Relationship ?
(Sarah Trenholm : 2000)

1.Constellation of behaviours.
Relasi setara dengan tindakan yang saling tergantung antara 2 orang. Relasi adalah semua hal tentang apa yang dipikirkan oleh 2 orang manakala melakukan hal bersama-sama.

2.Cognitive Constructs
Relasi sebagai suatu konstruksi kognitif di dalampikiran kita manakala kita memikirkan satu sama lain. Relasi adalah cara kita memikirkan perilaku kita.

3. Mini-culture
Relasi bukan sebagai pandangan individu, melainkan pemahaman bersama. Ketika 2 orang melakukan hubungan antar pribadi, mereka menciptakan kultur kecil-kecilan, mengembangkan persepsi bersama dan peran masing-masing.

4.Collections of Contradictory forces
Relasi sebagai sekumpulan kekuatan yang saling berlawanan. Relasi adalah suatu dialog antar 2orang yang saling mempunyai perbedaan pandangan, masing-masing pernyataan sebagai ungkapan hati, tetapi kenyataannya saling berbeda.

Creating an Effective Helping Relationship
(Bradford W Sheafor & Charles R Horejsi : 2003)

Beberapa kondisi dasar dalam relasi komunikasi antarpribadi :

1.Empathy
Menunjuk pada kemampuan pekerja sosial untuk memahami dengan tepat perasaan dan pengalaman subjektif yang dialami klien . Mendengarkan secara aktif apa yang dikatakan klien, merupakan teknik untuk memunculkan empati terhadap klien.

2. Positive Regard 
Keyakinan bahwa klien adalah orang yang berharga dan memperlakukan mereka secara hormat, dengan mengabaikan; penampilan mereka, perilaku, keadaan hidupnya atau memberikan alasan mengapa mereka menjadi klien.
Positive regard  diperlukan bagi pekerja sosial untuk menangkis kecenderungan memberikan penilaian bahwa klien adalah orang yang telah berbuat kesalahan.

3. Personal Warmth
Pekerja sosial harus menampilkan diri sebagai pribadi yang ramah/hangat.

4. Genuineness
Pekerja sosial harus memperlihatkan keaslian yangmuncul secara spontan (tidak dibuat-buat), dan tidak bersikap bertahan, apa yang dikatakan harus sesuai dengan apa yang dilakukan, berbicara benar-benar keluar dari hati

Sumber Lain :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar